by

Para Pimpinan Lembaga Negara Sepakat Jaga Independensi KPU

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA (Pos Kota) –  Para pimpinan lembaga negara berkomitmen menjaga independensi KPU dalam menetapkan hasil Pilpres, Selasa (22/7) dan menghimbau untuk menjaga suasana kondusif menjelang pengumuman hasil Pilpres.

“Jujur saja. Tahapan sekarang ini, simpul kritis berada di KPU dan Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh karena itu, para pimpinan lembaga negara berkomitmen menjaga independensi  KPU dalam menetapkan hasil Pilpres,” kata Ketua MK Hamdan Zoelva dalam keterangan pers di gedung MK, Jumat (18/7) malam.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK: Pelanggar PSBB Tak Bisa Dikenakan UU Karantina

Pemberian keterangan pers tersebut, Hamdan Zoelva didampingi oleh Presiden SBY, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua MPR Sidarto Danusubroto, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MA Hatta Ali, Ketua Komisi Yudisial (KY)  Suparman Marzuki, Ketua KPU Husni Kamil Malik dan Ketua Bawaslu Muhammad.

Hamdan menjelaskan terkait dengan pengumuman hasil Pilpres, maka pimpinan lembaga negara sepakat menjaga independensi dan imparsialitas MK, jika nanti ada sengketa Pilpres ke MK.

BACA JUGA:   Lembaga Think Tank BS Center Siap Launching

“Mereka akan ikut memastikan tidak ada intervensi dan tekanan kepada MK dalam bentuk dan cara apapun juga, ketika MK memutus  dan mengadili sengketa tersebut.” (ahi/yo)

Foto: Istimewa

sumber: poskotanews.com

News Feed