by

Agus Salim: Lebih baik saya bakar Indonesia

Print Friendly, PDF & Email

Merdeka.com – Judul di atas adalah potongan dari jawaban Haji Agus Salim menjawab pertanyaan wartawan asing. Ia tak ingin Indonesia jatuh kembali ke tangan Belanda.

Begitu cintanya Haji Agus Salim kepada Indonesia. Seluruh jiwa dan raganya ia curahkan demi kemerdekaan Indonesia. Sejak muda, Agus Salim bercita-cita agar Indonesia bisa merdeka dari jajahan bangsa kolonial.

Ia tak ingin rakyat Indonesia terus dijadikan budak oleh Belanda. Setelah merdeka, Indonesia harus maju. Agus Salim berpesan agar dalam negeri sendiri janganlah kita yang menumpang.

BACA JUGA:   Sarekat Islam Bandung Dilarang Ikut Campur Urusan Masjid

Ada sebuah cerita setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Saat itu usia Haji Agus Salim berusia 61 tahun. Ketika itu ada seorang wartawan asing bertanya kepada Agus Salim.

“Bagaimana jika bangsa Belanda meminta kembali agar Indonesia diserahkan kepada Belanda,” tanya wartawan asing itu.

Kemudian Agus Salim dengan lantang langsung menjawab. “Daripada menyerahkannya kembali kepada Belanda, lebih baik saya bakar Indonesia ini.”

Dalam tulisan Buya Hamka yang ditulis dalam buku “Seratus Tahun Haji Agus Salim” terbitan Sinar Harapan, Buya menulis bagaimana sikap Agus Salim. Menurutnya, Agus Salim telah berpesan kepada kita semua agar bangsa Indonesia bisa mandiri setelah merdeka.

BACA JUGA:   H.O.S. Tjokroaminoto Tidak Sempat Merasakan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Indonesia harus percaya pada kekuatan diri sendiri dan jangan terlalu mengharapkan belas kasihan kepada para bangsa penjajah. Karena bangsa penjajah itu tidak akan sudi mengajar dan mendidik kita dengan sungguh-sungguh.

Setelah berpuluh-puluh tahun merdeka, apakah Indonesia sudah benar-benar merdeka dan mandiri seperti yang dicita-citakan oleh Agus Salim? [has]

sumber: merdeka.com

News Feed