by

Buya Hamka: Agus Salim nilainya sama dengan sejuta manusia

Print Friendly, PDF & Email

Merdeka.com – Banyak tokoh mengakui kehebatan Haji Agus Salim, termasuk Buya Hamka. Ia menyebut Agus Salim sebagai anugerah Tuhan yang diberikan kepada bangsa Indonesia. Menurutnya, Indonesia beruntung memiliki Agus Salim.

“Itulah seorang manusia yang nilainya sama dengan sejuta manusia. Bahkan lebih,” kata Buya Hamka menggambarkan sosok Haji Agus Salim seperti ditulis Solichin Salim dan diterbitkan dalam buku “Seratus Tahun Haji Agus Salim terbitan Sinar Harapan.

Agus Salim adalah seorang filosof, wartawan, orator, politikus, pemimpin rakyat dan ulama intelek. Dengan Agus Salim, bangsa Indonesia bisa menghadapkan suaranya kepada dunia.

“Jarang-jarang Tuhan memberikan manusia semacam itu ke alam ini, apalagi kepada suatu bangsa,” katanya.

BACA JUGA:   5 Pahlawan Nasional Ini Diabadikan Kisah Hidupnya Lewat Film

Di tengah kesederhanaannya, Agus Salim mampu membawa bangsa ini merdeka. Ia berjuang sekuat tenaga keliling dunia untuk menyakinkan dunia internasional bahwa Indonesia sudah merdeka.

Bung Hatta juga sangat kagum dengan Agus Salim. Menurut Bung Hatta, Haji Agus Salim adalah orang jenius dan kepandaiannya luar biasa. “Dalam seratus tahun hanya lahir satu manusia semacam itu. Banyak ucapan-ucapan Agus Salim yang mengandung mutiara, sayang tidak ada sekretaris yang mencatatnya,” kenang Bung Hatta.

Bung Hatta selama ini mengenal dekat sosok Agus Salim. Ia tahu persis kekuatan dan kelemahannya. Kekuatannya adalah pada keyakinan, kecerdasan, ketangkasan dan ketegasan pada keputusan yang diambil. Ia sanggup menghadapi persoalan besar dengan sabar.

BACA JUGA:   Saat Agus Salim Jadi Intelijen Belanda & Memata-matai Sarekat Islam

“Negara Belanda, inggris dan Amerika Serikat baru mengakui de facto Republik Indonesia, berdasarkan Perjanjian Linggarjati. Atas usaha Agus Salim negara-negara Arab memandang RI sebagai negara yang merdeka sempurna dan berdaulat,” kata Bung Hatta.

Sudah lama Agus Salim meninggalkan kita. Kita hanya bisa mengenang jasa-jasa serta namanya. Dia akan tercatat dalam lembaran sejarah nasional sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

Ibu Pertiwi juga pantas bangga pernah melahirkan dan memiliki manusia jenius Indonesia, Haji Agus Salim. Semoga masa kini lahir Agus SalimAgus Salim baru dari rahim Ibu Pertiwi. [has]

sumber: merdeka.com

News Feed