by

Bung Hatta: Manusia seperti Agus Salim lahir 100 tahun sekali

Print Friendly, PDF & Email

Merdeka.com – Banyak tokoh menyebut Haji Agus Salim adalah manusia hebat. Ia tidak saja sebagai seorang pemimpin, politikus, wartawan dan pengarang melainkan juga seorang ulama dan diplomat.

Jenjang kariernya tidak dicapai dengan jalan mulus, tapi berbagai macam kesulitan dan pengorbanan. Kecakapan otak dan kepribadiannya diakui kawan dan lawan. Agus Salim adalah seorang cendekiawan yang luas pengetahuannya, seorang ulama intelek. Demikian kata Bung Karno saat mengungkapkan pendapatnya tentang sosok Haji Agus Salim.

BACA JUGA:   Kebangkitan Nasional versi Sarekat Islam

Agus Salim dikenal seorang politikus yang hidup sederhana. Ia adalah diplomat ulung. Seandainya pada masa kini muncul politikus-politikus yang mau hidup sederhana seperti Agus Salim, pasti Indonesia sudah menjadi bangsa besar.

Menurut Bung Hatta, Haji Agus Salim adalah orang jenius dan kepandaiannya luar biasa. “Dalam seratus tahun hanya lahir satu manusia semacam itu. Banyak ucapan-ucapan Agus Salim yang mengandung mutiara, sayang tidak ada sekretaris yang mencatatnya,” kenang Bung Hatta.

BACA JUGA:   M. Tabrani, Ketua Kongres Pemuda Pertama dan Penggagas Bahasa Indonesia, Ternyata Orang Madura

Bung Hatta selama ini mengenal dekat sosok Agus Salim. Ia tahu persis kekuatan dan kelemahannya. Kekuatannya adalah pada keyakinan, kecerdasan, ketangkasan dan ketegasan pada keputusan yang diambil. Ia sanggup menghadapi persoalan besar dengan sabar.

“Negara Belanda, inggris dan Amerika Serikat baru mengakui de facto Republik Indonesia, berdasarkan  Perjanjian Linggarjati. Atas usaha Agus Salim negara-negara Arab memandang RI sebagai negara yang merdeka sempurna dan berdaulat,” kata Bung Hatta. [has]

sumber: merdeka.com

News Feed