by

Guyonan Agus Salim, soal rok mini dan betis cewek Amerika

Print Friendly, PDF & Email

Merdeka.com – Saat pertama kali menginjakkan kakinya di Amerika Serikat, Haji Agus Salim langsung diserbu wartawan. Beberapa wartawan muda iseng menanyakan pendapat Agus Salim tentang kesan pertamanya berada di negeri Paman Sam tersebut.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Agus Salim hanya tersenyum. Ia kemudian menjawab dengan guyonan.

“Rok-roknya memang bagus sekali, tetapi menurut pendapat saya betis-betis di bawah rok itu malah lebih bagus.” jawab Agus Salim.

BACA JUGA:   Sandiaga Bakal Ngajar di Program Kartu Prakerja

Kisah ini diceritakan oleh Jef Last. Ia adalah seorang sosialis yang pernah mengenal dekat sosok Agus Salim.

Menurutnya, banyak kelakar Agus Salim lain yang membuat tertawa. Di Indonesia terkadang saat bertemu tokoh terkemuka, Agus juga sering usil dan melucu.

Jef menyayangkan tidak ada orang yang mencatat percakapan-percakapan informal Agus Salim. Padahal, percakapan-percakapannya merupakan sebuah bentuk sastra dunia yang bertaraf tinggi, menarik dan lucu.

Suatu hari, Jef juga punya cerita lain soal Agus Salim. Ia bertanya mengapa anaknya Agus Salim, Mayor Islam Salim fasih bahasa inggris. Padahal Islam tidak pernah disekolahkan. Apa jawaban Pak Salim?

BACA JUGA:   H.O.S. Tjokroaminoto Tidak Sempat Merasakan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

“Apakah Anda pernah mendengar tentang sebuah sekolah di mana kuda dipelajari meringkik? Kuda-kuda tua meringkik sebelum kami, dan anak-anak kuda ikut meringkik. Begitu pun saya meringkik dalam bahasa Inggris dan Islam ikut meringkik, juga dalam bahasa Inggris.” [mtf]

sumber: merdeka.com

News Feed