by

Giliran Kisah Tjokroaminoto Diangkat ke Layar Lebar

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA- Film yang mengangkat kehidupan pahlawan nasional makin diminati masyarakat. Setelah Ahmad Dahlan, KH Hasyim Ashari, dan Soekarno, kali ini kisah tentang H.O.S Tjokroaminoto diangkat ke layar lebar.

Rumah produksi Picklock bersama dengan Yayasan HOS Tjokroaminoto tengah memulai produksi film tersebut. Sutradara senior, Garin Nugroho dipilih untuk menggarap film ini.

Naskah film yang diproduseri Christine Hakim ini akan dibuat oleh Ari Syarif yang merupakan dekan Departemen Film SAE Institut dan pernah menuliskan naskah film Maskot dan Badai Di Ujung Negri. 

“HOS Tjokroaminoto merupakan salah satu tokoh sejarah paling penting yang dimiliki oleh Indonesia. Sayangnya, nama dan kisah tentang HOS Tjokroaminoto cenderung dilupakan oleh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda,” ujar Erik Hidayat selaku juru bicara keluarga Tjokroaminoto.

BACA JUGA:   Wagub Jabar Minta Ulama Terapkan Ketat Protokol Kesehatan

Semasa hidupnya, Tjokroaminoto merupakan guru dan mentor dari tokoh yang kelak menjadi pemimpin Indonesia seperti Soekarno. Peran Tjokroaminoto dalam kemerdekaan Indonesia juga sangat penting.

“HOS Tjokroaminoto merupakan guru dari bapak Indonesia, Soekarno, serta beberapa tokoh penting lain di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kontribusi HOS Tjokroaminoto terhadap lahir dan tumbuhnya Indonesia sangat tidak ternilai,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Turut berduka cita atas wafatnya Ir. H. Adi Darma, M.Si Ketua Dewan Wilayah Syarikat Islam Kalimantan Timur

Tjokroaminoto merupakan pendiri Sarekat Dagang Islam yang juga terkenal sebagai orator dan penulis ulung. Pada tahun 1917 sampai tahun 1919, HOS Tjokroaminoto menjadi guru beberapa pemuda yang kelak menjadi tokoh-tokoh besar Indonesia dengan berbagai ideologi berbeda seperti Soekarno, Kartosuwiryo dan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) seperti Alimin, Musso hingga Tan Malaka.

“Menjadi tantangan tersendiri mengingat tokoh ini memiliki peran yang sangat kompleks dalam sejarah Indonesia. Akhir Februari kita mulai jadwal syuting. Launchingnya direncanakan akhir tahun,” pungkasnya.

(rik)

sumber: okezone.com

News Feed