by

Hamdan Zoelva Jadi Ketua MK, Akil Mochtar Dipecat

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, Berita HUKUM – Dr. Hamdan Zoelva, S.H, M.H terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2013-2016. Hamdan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua MK ini, lebih unggul 2 suara dari Hakim MK Prof. Dr. Arief Hidayat S.H., M.S.

Adapun dalam pemilihan yang seyogyanya memang harus segera dilakukan, sebab Ketua MK sebelumnya yaitu Akil Mochtar telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dimana 8 hakim konstitusi, yaitu Hamdan, Harjono, Arief Hidayat, Ahmad Fadhil Sumadi, Muhammad Alim, Anwar Usman, Maria Farida Indriarti dan Patrialis Akbar telah memberikan suara, sehingga terpilihlah Hamdan Zoelva pria kelahiran Bima, Nusa Tenggara Barat dengan 5 suara.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK Sebut Seakan-akan Negara dalam Keadaan Darurat, Ini Penjelasannya

Proses pemungutan suara dipimpin langsung oleh Hamdan dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal MK Janedjri M. Gaaffar serta para pegawai MK. “Berdasarkan perolehan suara tersebut, maka Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi 2013-2016,” ucap Hamdan Zoelva membacakan sendiri hasil perolehan suara, Jumat (1/11) di Jakarta.

Kini Hamdan telah menggantikan posisi Akil Mochtar, yang ditangkap oleh KPK pada, Kamis (2/10) malam atas kasus dugaan suap, terkait sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah; dan dugaan suap sengketa Pilkada Lebak, Banten, serta dugaan tindak pidana pencucian uang. Akil juga ditetapkan sebagai pengguna narkotika jenis ganja dan obat terlarang setelah Badan Nasional Narkotika (BNN) mengumumkan hasil uji Deoxyribose Nucleic Acid (DNA) miliknya identik, dengan yang ditemukan di linting ganja di ruangan kantornya saat tim KPK melakukan penggeledahan, maka dengan secara resmi hari ini Akil Mochtar telah dipecat dengan tidak hormat dari Ketua MK, karena melanggar kode etik dan prilaku Hakim Konstitusi.(bhc/mdb)

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK: Anies & HRS tak Bisa Dipidana Pakai UU Karantina!

sumber: beritahukum.com

News Feed