by

Hamdan Zoelva Jabat Wakil Ketua MK

Print Friendly, PDF & Email

Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva terpilih sebagai Wakil Ketua MK untuk periode 2013-2016 setelah mengantongi lima suara dalam pemungutan suara (voting) secara terbuka yang dilakukan oleh sembilan hakim konstitusi. Sebelumnya, dalam rapat permusyawaratan hakim tidak tercapai kata sepakat untuk memilih wakil ketua secara aklamasi.

Berdasarkan hasil perhitungan suara hakim Hamdan Zoelva 5 suara, hakim Fadlil Sumadi 3 suara dan abstain 1 suara. Atas dasar itu, hakim Hamdan Zoelva terpilih sebagai wakil ketua MK periode 2013-2016,” ucap Ketua Pleno khusus M. Akil Mochtar saat mengesahkan hasil voting di Gedung MK, Selasa (20/8).

Dengan begitu, Hamdan Zoelva akan mendampingi Akil Mochtar selaku Ketua MK selama 2 tahun 6 bulan terhitung sejak pengambilan sumpah jabatan yang akan dilakukan pada 22 Agustus 2013 dalam sidang pleno khusus di MK.

Akil mengharapkan Wakil Ketua MK terpilih bisa membangun sinergi dengan seluruh hakim konstitusi maupun pegawai MK agar mampu menciptakan kinerja yang baik sebagai lembaga peradilan.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK Sebut Seakan-akan Negara dalam Keadaan Darurat, Ini Penjelasannya

Mantan anggota DPR ini menilai Hamdan sudah mengetahui betul tugas dan tanggung jawab sebagai wakil ketua MK. Sehingga, Akil yakin Hamdan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengawal MK untuk tetap memberikan akses keadilan kepada masyarakat.

“Lembaga MK ini bisa dikatakan jadi tumpuan masyarakat Indonesia di era kita bisa menjadi lebih baik. Saya yakin dan percaya bisa melaksanakan amanat itu,” ujar Akil optimis.

Ditemui usai pemilihan, Hamdan Zoelva menyatakan pada dasarnya semua hakim memiliki tugas dan fungsi yudisial yang sama. Hanya saja, dalam hal ini wakil ketua akan melengkapi dan membantu tugas ketua yang sifatnya manajerial.

“Jadi sebenarnya posisi hakim konstitusi itu sama, mereka (7 hakim konstitusi) tidak bisa diperintah ketua atau wakil dalam memberikan padangannya dalam perkara di MK,” ujar wakil ketua MK terpilih Hamdan Zoelva.

Sementara Patrialis Akbar mengatakan dirinya siap mendukung secara penuh wakil ketua terpilih agar tetap,bisa menjalankan amanatnya sesuai dengan konstitusi dan peraturan yang berlaku. “Keberadaan waki ketua MK ke depan harus bisa menjaga harkat martabat MK lebih baik lagi,” harapnya.

BACA JUGA:   Panggil Anies Pakai Pasal 93, Mantan Ketua MK : Salah Pasal

Hakim Konstitusi Maria Farida mengatakan pemilihan wakil ketua kali ini menunjukkan sikap arif para hakim konstitusi.

“Soalnya, tadi pagi saya baca Koran masih tertulis 6 orang akan bertanding, tetapi rupanya kearifan bapak-bapak hakim konstitusi ini terbukti. Mereka rela memberikan yang terbaik terhadap dua calon yang dianggapnya terbaik,” katannya.

Dirinya berharap Hamdan bisa mengayomi seluruh jajaran di MK. “Saya melihat kalau kita berani menyatakan saya memilih Anda, maka yang dipilih harus menyatakan saya siap untuk Anda,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan ada enam hakim konstitusi yang bersedia maju dalam bursa pemilihan wakil ketua MK. Namun, faktanya dalam pemilihan hanya dua hakim konstitusi yang bersedia maju sebagai wakil Ketua MK yakni hakim Hamdan Zoelva dan hakim Ahmad Fadlil Sumadi.

sumber: hukumonline.com

News Feed