by

Kaum Muslimin Diimbau Salat Gerhana Bulan

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

BANDUNG- Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada Senin (4/6) mulai pukul 17.00-19.06 WIB yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, ormas-ormas Islam mengimbau agar kaum Muslilim melaksanakan salat gerhana bulan dan pengumpulan infak untuk disalurkan kepada kaum kurang mampu. “Pada prinsipnya gerhana bulan sebagian pada Senin ini bisa dilihat di seluruh Indonesia. Untuk itu, kami mengimbau kaum Muslimin melaksanakan salat gerhana,” kata Ketua Pengurus Wilayah Syarikat Islam Jabar, KH. Nandang Koswara, Minggu (3/6).

BACA JUGA:   SK Perubahan DPP Syarikat Islam tanggal 24 Agustus 2020

Imbauan sama juga dikatakan Penasihat Persatuan Umat Islam (PUI) Jabar KH,. Djadja Djahari, Ketua Persatuan Islam (Persis) Jabar H. Idad Soemarta, Ketua PC NU Kota Bandung KH. Maftuh Kholil, dan Ketua PC NU Kab. Bandung H. Usep, ketika dihubungi secara terpisah. “Teknis pelaksanaan salat gerhana bisa dilakukan setelah salat Magrib berupa salat dua rakaat dilanjutkan dengan khutbah dan pengumpulan infak,” kata Kiai Maftuh.

BACA JUGA:   Sejumlah Ulama Lapor Polisi Atas Dugaan Pencatutan Foto Kyai

Sedangkan H. Idad mengimbau agar kaum Muslimin tidak mengaitkan gerhana bulan dengan peristiwa politik, bencana alam, maupun peristiwa lainnya. “Seperti dalam hadis Nabi Muhammad ditegaskan gerhana bulan maupun matahari merupakan tanda kekuasan Allah yang tak terkait dengan hidup atau matinya seseorang, bencana alam, atau peristiwa lainnya,” katanya.

sumber: islamindonesia.id

News Feed